Jumat, 16 September 2011

Anak Ku Sayang Selamatkan Akhlakmu

Wahai anakku sayang, ketika engkau merasa berat dalam berbakti pada ayah ibumu, maka sesungguhnya kewajiban kedua orang tuamu terhadap dirimu lebih berat dari itu semua.
Lihat dan ambilah teladan dari seorang bayi serta kasih sayang orang tuanya pada anak itu, dan lihatlah susah payah kedua orang tua dalam memelihara kesehatan anaknya, memberi makan dan minum serta menjaganya siang dan malam, disaat sehat maupun sakit. Sekarang engkau tau, betapa beratnya tanggung jawab orang tuamu dalam mendidik dan membesarkanmu hingga engkau tumbuh dewasa.



Setiap orang tua lebih menyukai bila anaknya dapat mencapai kedudukan (derajat) yang lebih tinggi dan penghormatan yang lebih mulia dari mereka.

Wahai anakku sayang, takutlah engkau membuat kemarahan kedua orang tuamu. Karena sesungguhnya murka orang tuamu adalah murka Alloh juga, dan Barang siapa membuat Alloh murka (karena membuat kemarahan orang tuanya), maka dia akan merugi dunia akhirat.

Wahai anakku sayang, taatilah perintah ayah ibumu, jangan sekali-kali membantahnya, kecuali bila mereka memerintahkanmu untuk ingkar pada Robbmu.

Wahai anakku sayang, sesungguhnya orang yang paling menyayangimu adalah ayah ibumu yang telah mendidik dan memeliharamu sejak kecil sampai engkau tumbuh dewasa, menjadi seorang pelajar dan menuntut ilmu pengetahuan Islam. Karena itu terimalah nasehat dan petuahnya, karena orang tuamu lebih mengetahui sesuatu yang akan engkau hadapi dari pada dirimu sendiri, dan orang tuamu lebih mengetahui sesuatu yang membawa sifat manfaat dan mudlorot atas dirimu. Sesungguhnya Alloh-lah yang menguasai dan memberi petunjuk, pertolongan kemashlatan (kebaikan) dirimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar