Kamis, 13 Oktober 2011

BUAT ANAK KU SAYANG

Kepada Anakku: Selamatkan Akhlakmu, 3.Hak dan kewajiban terhadap Alloh dan Rasul-Nya

Wahai anakku sayang, sungguhnya Alloh telah menciptakanmu dan menyempurnakan berbagai nikmatnya padamu baik lahir maupun batin. Tidakkah kau sadari, sesungguhnya awal darimu hanyalah setetes air (mani) yang memancar ke rahim ibumu dan atas curahan nikmat serta rahmat Robbmu engkau lahir dari kandungan ibumu sebagai anak manusia yang sempurna. Alloh menganugerahi dirimu dengan lisan sehingga engkau dapat bicara, telinga sehingga dapat mendengar, mata sehingga dapat melihat dan akal sehingga engkau dapat membedakan yang baik dan yang buruk. Sesuai dengan firman-Nya:
"Dan Alloh telah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur". (an Nahl:78).
Hanya Alloh yang telah memberimu berbagai nikmat dan anugerah serta kebaikan dari sisi-Nya dan Dia pula yang berkuasa mencabut kembali segala nikmat, anugerah dan kebaikan itu dari sisimu bila engkau melakukan perbuatan yang menyebabkan murka-Nya.

Wahai anakku sayang, kewajibanmu yang pertama terhadap Alloh Penciptamu yang Maha Luhur dalam segala hal adalah mengetahui sifat-sifat-Nya yang sempurna, dan bersungguh-sunguh dalam taat kepada-Nya dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan mematuhi larangan-Nya. Hendaklah engkau yakin dengan teguh dan mantap bahwa kebaikan itu adalah apa yang Alloh pilihkan buatmu, bukan yang kau pilih buatmu sendiri. Jangan mengikuti hawa nafsu mengerjakan sesuatu yang tidak berguna, dan taat pada makhluk, baik mulia ataupun hina (dalam pandanganmu) sehingga menghalangi dirimu untuk taat dan beribadah pada Robbmu.
Mentaati perintah rasul Alloh yang mulia itu wajib atas dirimu seperti engkau mentaati perintah-perintah Alloh yang telah menciptakanmu:
"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Alloh dan taatilah Rasul serta ulil amri (pemimpin) diantaramu". (An Nisa:59).
"Barangsiapa yang taat pada Alloh dan Rasul-Nya, niscaya Alloh akan memasukkannya ke dalam syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan barangsiapa yang berpaling niscaya akan diadzab-Nya dengan adzab yang pedih". (Al Fath:17).
"Katakanlah, jika kamu mencintai Alloh, maka ikutilah aku (rasul Alloh) niscaya Alloh akan mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu, Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (Ali Imran:31).

Wahai anakku sayang, tidak sempurna iman seseorang sebelum cintanya pada Alloh dan Rasul-Nya melebihi kecintaannya terhadap segala sesuatu selain Alloh dan Rasul-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar